__
Layanan Informasi 17 Jam
Telp Bebas Pulsa : 0800 1234 000
HP/SMS : 08523 1234 000,
0815 145 78119, 0812 9526 2009,
0878 700 30088, 0896 350 67000,
0851 0059 9452
Pin BB : 2B9D5E85,
2B444609, 29E9E651
Pilih Bahasa : ID   EN

HOME
Contact Us
Penerimaan Mahasiswa
Program Studi + Gelar
Biaya Studi
Permintaan BEASISWA
Informasi Semuanya
Pendaftaran Online
Permintaan Brosur (Gratis)
 Sistem Perkuliahan
Jadwal/Waktu Kuliah
Peta & Lokasi Kampus
Angkutan ke Kampus
Keunggulan
Galeri Foto
Kurikulum (Mata Kuliah)
Prospek Karir Lulusan
Solusi Cerdas
Meningkatkan Karir atau Mendapat Pekerjaan Baru
Undang-Undang Sisdiknas
Mendukung Kuliah Karyawan
Bagaimana Ijazahnya ?
Jadwal Shalat


Permintaan Katalog / Brosur
(GRATIS via POS)
Nama Penerima Katalog

Alamat Lengkap

Kota & Provinsi

Kode Pos

Telp/HP
Email (tidak wajib)

❖ harus diisi dengan lengkap dan jelas
Atau kirimkan Nama dan
Alamat lengkap via SMS ke HP:

0817 0816 486


DOWNLOAD GRATIS
== Brosur Kelas Karyawan ==
Jabodetabek

PDF (5,5 MB)ZIP (3,0 MB))
Image/JPG (4,4 MB)
== Brosur Kelas Karyawan ==
Diy,Jateng,Jatim & Bali

PDF (5,0 MB)ZIP (2,6 MB))
Image/JPG (5,2 MB)
== Brosur Kelas Karyawan ==
Jawa Barat

PDF (4,3 MB)ZIP (2,0 MB))
Image/JPG (2,8 MB)
== Brosur Kelas Karyawan ==
Sulawesi

PDF (2,8 MB)ZIP (2,7 MB))
Image/JPG (3,7 MB)
== Brosur Kelas Karyawan ==
Sumatera & Batam

PDF (3,8 MB)ZIP (3,7 MB))
Image/JPG (3,8 MB)

Facebook Kuliah Karyawan
Twitter Kuliah Karyawan
Google+ Kuliah Karyawan
Beritahu Teman
Nama Anda **

Email Anda **

Email Teman 1 **

Email Teman 2 (tidak wajib)

Email Teman 3 (tidak wajib)
** harus diisi dengan benar
Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia
Kampus STIKI Malang : Jl. Raya Tidar 100, Malang 65146, Jawa Timur
Penting : Kuliah di STIKI Malang merupakan Solusi Cerdas Meningkatkan Karir atau Mendapat Pekerjaan Baru (silakan klik)
 Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia Cover5   Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia Cover8   Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia Cover9   Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia Cover6   Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia Cover7 

Program Studi / Jurusan
Kekhususan / Konsentrasi / Peminatan
Prospektus (Prospek Kerja/Karir, Profesi, Kompetensi Lulusan) dan Kurikulum (Mata Kuliah)
Program Kelas Lanjutan / Kuliah Karyawan / P2K dan Program Kelas Sore/Malam (PKSM)
Lihat juga : Informasi SemuanyaKeunggulanBeban SKS & Masa StudiBiaya StudiModel Seleksi Calon MahasiswaSistem Perkuliahan dan StatusSyarat Calon Mhs, Tata Cara & Jadwal PendaftaranJadwal/Waktu KuliahKurikulum (Mata Kuliah)Prospek Karir LulusanJadwal Shalat

Berikut ini informasi tentang program studi/jurusan dan kekhususan / konsentrasi / peminatan di STIKI Malang beserta prospektus-nya (prospek kerja/karir, profesi, kompetensi lulusan) dan kurikulumnya (mata kuliah wajib, pilihan, bobot SKS).

Program Studi Konsentrasi Akreditasi
Teknik Informatika (S-1) Teknik Informatika Terakreditasi Baik Sekali
Sistem Informasi (S1) Sistem Informasi Terakreditasi Baik
Desain Komunikasi Visual (S-1) Desain Komunikasi Visual Terakreditasi Baik
Manajemen Informatika (D-3) Manajemen Informatika Terakreditasi Baik Sekali


BEBAN STUDI dan MASA STUDI
Beban studi dan masa studi yang harus ditempuh mahasiswa program reguler maupun program perkuliahan karyawan, mengikuti standar yang sudah ditetapkan pemerintah, yaitu :
Peraturan Mendikbud No. 49 Tahun 2014 (silakan klik)
tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Untuk Beban Studi (SKS yang ditempuh) Masa Studi
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat
melanjutkan ke S1
Beban Studi = 144 - 152 sks 8 semester
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat
melanjutkan ke D-III
Beban Studi = 110 - 114 sks 6 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat
melanjutkan ke S1
Beban Studi = 40 - 46 sks
(Bila tidak sebidang ilmu ada Tambahan 2 - 21 sks)
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, Pindahan
melanjutkan ke S1
Dihitung dari sisa sks Dihitung sisa sks
Lulusan D1, D2, Pindahan
melanjutkan ke D3 (D-III)
Dihitung dari sisa sks Dihitung sisa sks
Prospektus dan Kurikulum Program Studi/Jurusan
(Mata Kuliah Wajib/Pilihan, Prospek Kerja/Karir, Profesi, dan Kompetensi Lulusan)
Daftar Isi
1. S1 Teknik Informatika
2. S1 Sistem Informasi
3. S1 Desain Komunikasi Visual
4. D3 Manajemen Informatika

1. Program Studi S1 Teknik Infomatika

Gelar Lulusan : S.T. atau S.Kom. atau Ir. (Sarjana Teknik / Sarjana Teknik Infomatika atau
Sarjana Komputer atau Insinyur)
Prospektus S1 Teknik Infomatika
Teknik Informatika (Teknologi informasi, komputer, internet dan telekomunikasi) merupakan bidang yang paling cepat berkembang dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor, khususnya sektor manufaktur komputer dan perusahaan jasa, software house, konsultasi IT, serta berbagai bidang yang terkait teknologi informasi.

Untuk menghadapi liberalisasi informasi dalam era globalisasi, sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang teknologi informasi yaitu bidang teknik informatika.

Semakin beragam dan rumitnya masalah yang dihadapi, membuat manusia mencari jawaban atas masalah-masalah tersebut. Teknologi komputer adalah salah satu jawabannya. Teknologi komputer memberikan harapan baru bagi manusia. Teknologi ini diciptakan untuk membantu manusia melakukan proses-proses yang sebelumnya dilakukan secara manual, dan karenanya sangat potensial terjadi kesalahan. Komputer menawarkan pemecahan yang cepat, akurat dan konsisten. Jurusan Teknik Informatika dikembangkan untuk memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi komputer tersebut untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia yang semakin beragam dan kompleks, terutama dalam bidang informasi.

Sekarang, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Bidang aplikasi komputer sangat luas. Bidang informatika ikut berperan dalam mempercepat lahir dan berkembangnya era informasi, era yang membuana. Bidang aplikasi informatika, di antaranya meliputi komunikasi data dan jaringan komputer, sistem informasi manajemen, sistem pakar, kecerdasan buatan dan robotika, dan rekayasa perangkat lunak.

Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika.

Teknik Informatika P2K/PKSM Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, perkembangan berbagai disiplin informasi ilmu, baik sains maupun teknologi yang secara spesifik mengolah fakta-fakta simbolik (data) menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Teknik Informatika mendasarkan pendekatan logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam memecahkan berbagai masalah.
Tujuan S1 Teknik Informatika
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, program studi Teknik Informatika P2K/PKSM Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Di samping itu, lulusan Teknik Informatika P2K/PKSM Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia juga memiliki kemampuan merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan teknologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.

Jurusan Teknik Informatika P2K/PKSM Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia diarahkan untuk menghasilkan system analyst yang mempunyai kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah dalam dunia nyata dengan bantuan teknologi komputer. Lulusan Teknik Informatika P2K/PKSM Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia tidak hanya sekedar mampu menggunakan program-program aplikasi komputer (user) atau menyusun program aplikasi komputer (programmer), tetapi menjembatani kebutuhan-kebutuhan user yang kemudian diterjemahkan menjadi spesifikasi yang dibutuhkan programmer.

Jurusan Teknik Informatika P2K/PKSM Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional di bidang teknologi informasi. Selain itu, untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi, dimana selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak. Melalui program ini dapat dihasilkan lulusan yang memiliki keunggulan daya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan teknologi informasi yang memadai sehingga tidak gagap ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunya di masyarakat (dunia kerja).
Kompetensi Lulusan S1 Teknik Informatika
Lulusan Program Studi Teknik Informatika P2K/PKSM Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia dibekali dengan pengetahuan, etika, ketrampilan dan kemampuan merancang, mengaplikasi dan mengembangkan sistem teknologi informasi dan komunikasi pada bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Sistem Informasi Manajemen (SIM), Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Jaringan Komputer (Computer Networking), Software Engineer, Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence), Permainan & Program Sistem Tertanam (Game & Embedded System Program), Sistem Database (Data Base System), dsb.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Teknik Informatika P2K/PKSM Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang teknik informatika; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang teknik informatika, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang teknik informatika, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Lulusan Program Studi Teknik Informatika P2K/PKSM Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia memiliki kompetensi dan keahlian rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, basis data, kecerdasan buatan dan pemrogramman game dan sistem embeded yang mampu beradaptasi terhadap perkembangan Teknologi Informasi guna memberikan model solusi sistem berbasis komputer; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Teknik Informatika
Sarjana Teknik Informatika P2K/PKSM Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Specialist in IT Security, Mobile Application Programmer dan Design, Information and Communication Technology (ICT) Consultant, Web Developer, Artificial Intelegence Applicator, ICT Project Manager, ICT Researcher, dsb.

Berkarir/bekerja pada bidang Sistem Informasi Korporasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Database, Networking, Software, Multimedia, E-Business di Konsultan IT/IS, Perusahaan Telekomunikasi, Industri Manufaktur, Bank, Asuransi dan lembaga keuangan lainnya, Perusahaan Networking, Internet Service Provider, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, dsb), Instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi, dsb.

Berkarir/berprofesi sebagai Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Artificial Intelligent, Computer Networking, System Support, System Design, Database Administrator, Web Developer & Designer, Game & Embedded System Program, Programmer Analyst, Software Engineer, Tenaga Pengajar/Dosen, dsb.

Menjadi Technoprenuer dengan mendirikan jasa konsultan Information Communication Technology System, Business & system analysis, Software Engineer, Game Developer, Progammer, dsb.
Mata Kuliah S1 Teknik Informatika
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan

Mata KuliahSKS
Algoritma dan Pemrograman3
Aljabar Linier dan Matrik3
Analisa dan Perancangan Berorientasi Objek3
Analisa dan Perancangan Perangkat lunak *4
Analisa dan Perencanaan Sistem *3
Aplikasi Komputer3
Aplikasi Multimedia *2
Arsitektur dan Organisasi Komputer3
Bahasa Indonesia dan Tata Tulis Ilmiah2
Bahasa Inggris I2
Bahasa Inggris II2
Bahasa Inggris III *2
Bahasa Inggris IV *2
Bahasa Rakitan *2
Basis Data3
Client-Side Scripting *3
Dasar Komputer2
Dasar Router *3
Data Mining *2
Data Ware House *2
Etika Profesi2
Fisika Dasar3
Fisika Modern *3
Grafik Komputer *3
Hukum Bisnis *2
Intelegensi Buatan *2
Interaksi Manusia dan Komputer3
Jaringan komputer dan Keamanan Data I4
Jaringan Komputer dan Keamanan Data II *4
Kalkulus I2
Kalkulus II2
Keamanan Jaringan *3
Keamanan Komputer *3
Kecakapan Antara Personal *2
Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)4
Kerja Praktek2
Kewarganegaraan2
Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis3
Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis Lanjut *2
Kimia Dasar *2
Komputer dan Masyarakat3
Komputer Grafik *3
Komunikasi Data *3
Konsep Bahasa Pemrograman *3
Konsep Teknologi *2
Kriptografi *3
Logika Informatika3
Manajemen Jaringan *2
Manajemen Proyek Perangkat Lunak3
Manajemen Proyek Teknologi Informasi *3
Manajemen Transaksi Basis Data *3
Matematika Distrik3
Metode Numerik *3
Metodologi Penelitian Teknologi Informasi2
Microprogramming *3
Model dan Simulasi (Praktek) *3
Multimedia *3
Multimedia 3D dan Animasi *2
Oracle *4
Pemodelan 2D / 3D *3
Pemodelan dan Simulasi *3
Mata KuliahSKS
Pemrograman Assembler *3
Pemrograman Berorientasi Objek3
Pemrograman C++ *3
Pemrograman Jaringan *3
Pemrograman P/L SQL *4
Pemrograman Visual Client Server *3
Pemrograman Visual Multitier *3
Pemrograman Web Enterprise *3
Pendidikan Agama2
Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila2
Pengantar Teknologi Informasi3
Pengolahan Citra *3
Perancangan Basis Data *3
Perancangan OOP + Praktikum3
Praktikum Algoritma dan Pemrograman1
Praktikum Analisa Berorientasi Objek1
Praktikum Bahasa Rakitan *1
Praktikum Basis Data1
Praktikum Dasar Kopumter1
Praktikum Data Warehouse dan Data Mining *1
Praktikum Fisika Dasar1
Praktikum Hardware dan Software4
Praktikum Jaringan1
Praktikum Kecerdasan Buatan *1
Praktikum Konsep Bahasa Pemrograman1
Praktikum Linux4
Praktikum Multimedia1
Praktikum Pemograman Mobile Java *4
Praktikum Pemrograman Orientasi Objek1
Praktikum Pemrograman Web1
Praktikum Perancangan Basis Data1
Praktikum Php MySQL4
Praktikum Pilihan Program Desktop I *4
Praktikum Pilihan Program Desktop II *4
Praktikum Sistem Multimedia *1
Praktikum Sistem Operasi1
Praktikum Struktur Data1
Praktikum Vb.Net *4
Rangkaian Digital *3
Rekayasa Perangkat Lunak I + Praktek *4
Rekayasa Perangkat Lunak II + Praktek *4
Riset Teknologi Informasi3
Seminar Tugas Akhir1
Server-Side Scripting *3
Sistem Basis Data3
Sistem Berkas *3
Sistem Informasi Manajemen3
Sistem Keamanan Komputer *3
Sistem Multimedia *3
Sistem Operasi3
Sistem Perangkat Lunak *3
SQL Server *4
Statistika dan Probabilitas3
Struktur Organisasi Data3
Teknik Kompilasi *3
Teknik Simulasi *2
Teknologi dan Sistem Basis Data*3
Teori Bahasa dan Automata *3
Teori Komputasi *2
Tugas Akhir (Skripsi)6

2. Program Studi S1 Sistem Informasi

Gelar Lulusan : S.S.I. atau S.Kom. atau S.T. atau S.Si. atau Ir.(Sarjana Sistem Informasi / Sarjana Komputer / Sarjana Teknik / Sarjana Sains / Insinyur)

Sistem Informasi bersama-sama dengan teknik informatika, merupakan bidang yang paling cepat berkembang sehingga terjadi pergeseran pada dunia usaha, dunia industri, dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor bidang Sistem Informasi meliputi pengembangan sistem informasi, metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database), manajemen sistem informasi dan rekayasa sistem informasi.

Program studi Sistem Informasi menerapkan, mengkaji, dan mengembangkan ilmu yang melandasi rekayasa sistem informasi. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, teknik dan alat bantu yang dibutuhkan dalam rekayasa sistem informasi yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan.

Sistem Informasi sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, terutama dalam menghadapi liberalisasi ekonomi dalam era globalisasi yang tidak terlepas dari dunia infomrasi; sehingga perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang sistem informasi.
Kompetensi Lulusan S1 Sistem Informasi
Lulusan Program Studi Sistem Informasi dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk membuat program sesuai dengan proses bisnis, merancang dan membangun sistem basis data, melakukan pemrograman berbasis Web, berbasis bahasa pemrograman terkini dan tercanggih, rekayasa perangkat lunak, sistem multimedia, merancang dan membangun sistem berbasis objek; mengidentifikasikan kebutuhan jaringan pada suatu organisasi, merancang dan membangun sistem informasi korporasi (enterprise information system), mengelola proyek teknologi informasi dan komunikasi, melakukan audit sistem informasi, e-business, menjadi trouble shooter komputer, dsb.

Lulusan Program Studi Sistem Informasi memiliki kompetensi dan keahlian sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), dsb.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Sistem Informasi adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang sistem informasi; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di sistem informasi, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang sistem informasi, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Lulusan Program Studi Sistem Informasi memiliki kompetensi dan keahlian yang mampu memberikan solusi terintegrasi di bidang E-Business, Corporate Information System, Information Management, Komputerisasi Akuntansi; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi; menjadi manusia berkualitas yang memiliki intelektualitas tinggi, kreatif, inovatif serta peka terhadap fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat; dapat memberikan solusi terhadap permasalahan sistem informasi yang ada di masyarakat, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Sistem Informasi
Sarjana Sistem Informasi dapat bekerja dan berkarir di bidang sistem informasi korporasi, database, networking, software, multimedia, e-business di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) seperti BUMN, IT/IS consultant, perusahaan telekomunikasi, industri manufaktur, perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lainnya, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, hotel dan lain lain), perusahaan networking, internet service provider, perguruan tinggi, dsb.

Berkarir/berprofesi sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Tenaga Ahli/Pengajar/Dosen, dsb.

Menjadi technopreneur dengan mendirikan jasa konsultan di bidang information and communication technology system, business & system analysis, programmer, dsb.
Mata Kuliah S1 Sistem Informasi
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan

Mata KuliahSKS
Akuntansi Dasar2
Algoritma Pemrograman & Struktur Data4
Aljabar Linier *3
Analisa & Perancangan Sistem Informasi3
Analisa Perancangan Berorientasi Obyek3
Analisa Perancangan E-Bussiness *3
Analisa Proses Bisnis *3
Aplikasi Komputer3
Audit Sistem Informasi *3
Bahasa Indonesia2
Bahasa Inggris 12
Bahasa Inggris 22
Bahasa Inggris 3 *2
Bahasa Inggris 4 *2
Bahasa Pemrograman *3
Basis Data3
Dasar Pemrograman3
Data Warehouse & Data Minning *3
Database Spesial *3
E-Bisnis *3
E-Commerce *3
Enterprise Information System *3
Enterprise Resource Planning *3
Etika Profesi2
Interaksi Manusia & Komputer *3
IT-Advertasing + Praktek *3
IT-Governance *3
Jaringan Komputer3
Keamanan Sistem Informasi *3
Kerja Praktek2
Kewarganegaraan2
Kewirausahaan2
Kewirausahaan 2 *2
Kewirausahaan 3 *2
Komputer & Masyarakat2
Komputer Grafik2
Komputer Masyarakat *3
Komunikasi Antar Personal *2
Konsep Portal & Manajemen Konten *3
Konsep Sistem Informasi3
Konsep Teknologi *2
Logika Matematika *3
Manajemen Proyek Sistem Informasi3
Manajemen Sains *3
Manajemen Transaksi Basis Data *3
Manajemen Umum *3
Matematika Dasar3
Mata KuliahSKS
Metodologi Penelitian Teknologi Informasi2
Mobile Programming *3
Multimedia & Animasi *3
Pemrograman Aplikasi Basis Data *3
Pemrograman Berorientasi Objek *3
Pemrograman Visual *3
Pemrograman Web 1 *3
Pemrograman Web 2 *3
Pendidikan Agama2
Pendidikan Kewarganegaraan2
Pengantar Akuntansi *3
Pengantar Manajemen dan Bisnis *3
Pengantar Teknologi Informasi3
Pengembangan Sistem Informasi *3
Pengetahuan Bisnis *2
Perancangan Basis Data *3
Praktikum Algoritma & Pemrograman1
Praktikum Analisa Perancangan Berorientasi Objek1
Praktikum Bahasa Pemrograman1
Praktikum Basis Data1
Praktikum Dasar Pemrograman1
Praktikum E-Commerce *1
Praktikum Jaringan Komputer *1
Praktikum Manajemen Proyek *1
Praktikum Manajemen Proyek Sistem Informasi1
Praktikum Pemrograman Visual *1
Praktikum Pemrograman Web *1
Praktikum Perancangan Basis Data *1
Praktikum Sistem Operasi1
Praktikum Struktur Data *1
Proyek Pengembangan Sistem Informasi3
Rekayasa Perangkat Lunak *3
Rekayasa Sistem Informasi *3
Remote Sensing *3
Seminar Tugas Akhir1
Sistem Akuntansi *3
Sistem Informasi Akuntansi *3
Sistem Informasi Geografis *3
Sistem Informasi Manajemen *3
Sistem Operasi3
Sistem Pengambilan Keputusan *3
Statistika & Probabilitas3
Strategi E-Bisnis *2
Struktur Data *3
Testing & Implementasi Sistem Informasi3
Tugas Akhir (Skripsi)5

3. Program Studi Desain Komunikasi Visual

Gelar Lulusan : S.Sn. atau S.Si. (Sarjana Desain atau Sarjana Seni atau Sarjana Sains)
Prospektus S1 Desain Komunikasi Visual
Desain Komunikasi Visual adalah ilmu desain yang berkonsentrasi pada pengolahan bahasa visual sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan, informasi dan pencitraan, dengan tujuan sosial ataupun komersial melalui media grafik, elektronik, interaktif, maupun multimedia.

Dalam era globalisasi sangat dibutuhkan kemampuan kompetisi global yang berakar pada kreativitas, inovasi, networking dan teknologi. Hal ini sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang desain, terutama bidang Desain Komunikasi Visual dan Desain Produk Industri.

Saat ini dunia kerja sangat kekurangan tenaga ahli di kedua bidang tersebut, sehingga lulusan kedua bidang tersebut umumnya langsung terserap di dunia kerja.
Kompetensi Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual
Lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual dibekali dengan pengetahuan, etika, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan seperti berikut ini.
  • Memiliki kemampuan dan ketrampilan desain di media grafis, media interaktif, media audio visual dan media komunikasi visual.
  • Memiliki keunggulan wawasan dan keterampilan (skill) dalam kajian desain komunikasi visual yang berorientasi pada interaksi antara manusia dengan objek dalam konteks urban serta kaitannya dengan aspek teknologi, lingkungan, sosial, dan budaya yang melingkupinya.
  • Memiliki karakter dan kompetensi sebagai praktisi bidang industri kreatif yang berdampak positif sebagai agen perubahan sosial, budaya, dan lingkungan dalam masyarakat.
  • Memiliki kemampuan untuk mengolah, mengembangkan, dan mengkomunikasikan konsep kreatif yang akan digunakan dalam pengembangan karya desain komunikasi visual.
  • Memiliki kemampuan menyiapkan karya desain akhir (final artwork) untuk diproduksi.
  • Memiliki kemampuan melakukan prosedur formal yang berhubungan dengan sistem untuk mendokumentasikan proyek desain komunikasi visual pada industri kreatif.
  • Memiliki keunggulan dalam menghasilkan pengetahuan berbasis penelitian dan pengembangan (research and development) dalam bidang desain komunikasi visual, baik berupa karya ilmiah, rancangan karya, maupun program terapan yang memiliki kemanfaatan luas.
  • Memiliki kemampuan bekerja dalam konteks sebuah organisasi desain.
  • Memiliki kemampuan melindungi proses kerja dan hasil kerja desain dari penggunaan yang tidak berhak.
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat media audio visual
  • Memiliki kemampuan mempersiapkan media audio visual untuk platform (video, TV dan lain sebagainya) yang berbeda pada industri desain kreatif.
  • Memiliki kemampuan membuat pencitraan yang berkualitas untuk materi audio visual.
  • Memiliki kemampuan menggabungkan audio dan video ke dalam sajian multimedia dalam produksi pada industri desain komunikasi visual.
  • Memiliki kemampuan untuk mengedepankan obyektivitas dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan (kepemimpinan basis ilmiah), memahami pentingnya waktu (disiplin), dan pentingnya peranan orang lain (kerjasama).
  • Memiliki kemampuan menjadi wirausahawan mandiri pencipta lapangan kerja maupun sebagai pekerja bidang industri kreatif yang mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Desain Komunikasi Visual adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang desain komunikasi visual; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang desain komunikasi visual, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang desain komunikasi visual, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual
Sarjana Desain Komunikasi Visual dapat bekerja dan berkarir di Advertising Agency, Graphic House/Studio, Television atau Broadcasting, Photography and Video Production, Publisher, Brand Consultancy, Web Design atau Multimedia Design, Production House, Institusi Pendidikan, Animator, 3D Artist, VFX Artist, Game Design, dan di berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah dan swasta (nasional dan multinasional / luar negeri) :
  • Sebagai Desainer bidang Desain Film dan TV, Desain Printing, Desain Pameran, Desain Multimedia dan Desain Ilustrasi yang handal dan matang dalam konsep serta desain yang up to date.
  • Sebagai Art Director, yang membuat keputusan elemen visual, gaya artistik dan gerak yang digunakan.
  • Sebagai Creative Director, yang bertanggung jawab terhadap desain, visi dan arah pengembangan produk.
  • Sebagai Graphic Designer, yaitu tenaga ahli profesional dalam industri desain grafis dan seni grafis, yang menggabungkan bersama semua gambar, tipografi dan grafis gerak dalam rangka menciptakan sebuah desain.
  • Sebagai Multimedia Designer, yang membuat kombinasi berbagai bentuk konten teks, audio, gambar diam, animasi, video dan interaktivitasnya.
  • Sebagai Commercial Artist, yang mengelola informasi dan pengetahuan terhadap seni murni, visualisasi dan media.
  • Sebagai Akademisi (Dosen, Pembimbing/Pelatih) di Institusi Pendidikan (Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, sekolah, balai pelatihan, dsb).
  • Sebagai Peneliti di berbagai lembaga penelitian mandiri maupun lembaga penelitian dalam perusahaan/industri.
  • Dsb.

Sarjana Desain Komunikasi Visual juga dapat menjadi entreprenuer atau wirausahawan mandiri pencipta lapangan kerja yang mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia, misalkan dengan mendirikan Visual Communication Design Consultant, Designer Film dan TV, Printing, Exhibition, Multimedia, Illustrator, dsb.
Mata Kuliah S1 Desain Komunikasi Visual
* = Mata Kuliah Pilihan

Mata KuliahSKS
Bahasa Indonesia2
Bahasa Inggris I2
Bahasa Inggris II2
Bahasa Inggris III *2
Bahasa Inggris IV *2
Desain dan Teknologi Kemasan2
Desain dan Teknologi Kemasan UKM I2
Desain dan Teknologi Kemasan UKM II2
Desain Elementer I3
Desain Elementer II3
Desain Komunikasi Visual I4
Desain Komunikasi Visual II5
Desain Komunikasi Visual III6
Desain Komunikasi Visual IV6
Desain Komunikasi Visual V6
Desain Web I3
Desain Web II3
Estetika2
Estimasi Biaya2
Fotografi Desain I2
Fotografi Desain II2
Ilustrasi I2
Ilustrasi II2
Kerja Profesi (Magang)2
Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis3
Komputer Grafis I4
Mata KuliahSKS
Komputer Grafis II4
Manajemen Pemasaran3
Media Pamer Panjang3
Menggambar Bentuk I3
Menggambar Bentuk II3
Menggambar Teknik I3
Menggambar Teknik II3
Methodologi Desain2
Metodologi Penelitian2
Muamalah dan Etika2
Pendidikan Agama2
Pendidikan Kewarganegaraan2
Periklanan Untuk UKM4
Psikologi Persepsi2
Sejarah Seni Rupa dan Desain3
Seminar (Presentasi Bisnis)4
Seminar Tugas Akhir1
Semiotika dan Komunikasi Bisnis3
Teknologi Produksi Grafika I2
Teknologi Produksi Grafika II2
Teknologi Produksi Grafika III3
Tinjauan Desain Komunikasi Visual I2
Tinjauan Desain Komunikasi Visual II2
Tipografi I2
Tipografi II3
Tugas Akhir7

3. Program Studi Manajemen Informatika

Gelar Lulusan : AMd. atau AMd.T. atau AMd.Kom. atau AMd.Si. (Ahli Madya (saja) / Ahli Madya Teknik / Ahli Madya Komputer / Ahli Madya Sains)

Manajemen Informatika bersama-sama dengan teknik informatika, sistem informasi, komputer akuntansi, dan teknik komputer, merupakan bidang yang paling cepat berkembang sehingga terjadi pergeseran pada dunia usaha, dunia industri, dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor bidang Manajemen Informatika meliputi pengembangan SIM (Sistem Informasi Manajemen), SIA (Sisten Informasi Akuntansi), analisis dan desain sistem, sistem informasi untuk bisnis, metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database), dan rekayasa sistem informasi.

Program studi Manajemen Informatika menerapkan, mengkaji, dan mengembangkan ilmu yang melandasi rekayasa sistem informasi manajemen secara menyeluruh. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, teknik dan alat bantu yang dibutuhkan dalam rekayasa sistem informasi yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan.

Manajemen Informatika sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, terutama dalam menghadapi liberalisasi ekonomi dalam era globalisasi yang tidak terlepas dari dunia informasi; sehingga perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang manajemen informatika.
Keunggulan Program D3 Secara Umum
Program Diploma Tiga (D3) dan Strata Satu (S1) memiliki keunggulan masing-masing, keduanya sangat dibutuhkan di dunia kerja. Secara umum lulusan Program Diploma Tiga (D3) memiliki sebutan/gelar "Ahli Madya" disingkat A.Md., sedangkan lulusan Program Strata Satu (S1) memiliki gelar "Sarjana".

Keunggulan Program D3 adalah :
  • Masa studinya 6 semester (3 tahun), sehingga lebih cepat lulus dibanding S1, dan tentu saja total biaya studinya lebih ringan dibanding S1, sehingga bagi masyarakat yang ingin cepat terjun di dunia kerja, disarankan untuk mengambil program D3.
  • Materi kuliahnya lebih aplikatif (praktek) sehingga cenderung lebih "siap pakai" dibandingkan S1, namun hal ini tetap bergantung dari individu masing-masing.
  • Kebutuhan tenaga kerja terhadap lulusan D3 lebih banyak dibandingkan S1, karena lulusan D3 akan mengisi level menengah pada piramida struktur organisasi dan manajemen perusahaan.
  • Dsb.
Kompetensi Lulusan D3 Manajemen Informatika
Lulusan Program Studi D3 Manajemen Informatika dibekali dengan pengetahuan, etika, ketrampilan dan kemampuan untuk memimpin suatu proyek pembangunan dan pengembangan sistem informasi dari berbagai fungsi manajemen yang merupakan kebutuhan saat ini dan saat mendatang; memiliki kemampuan merancang aplikasi komputer dengan menterjemahkan kebutuhan pemakai ke dalam orientasi komputer; memiliki kemampuan menulis program aplikasi komputer dalam beberapa bahasa pemrogramam; menguasai berbagai perangakat lunak aplikasi yang sesuai dengan perkembangan teknologi informatika terkini, serta menjembatani antara pemakai akhir dari jasa komputer dengan lingkungan dalam komputer.

Lulusan Program Studi D3 Manajemen Informatika mempunyai keahlian sistem komputer baik software maupun hardware; mempunyai keahlian merawat perangkat lunak dan perangkat keras; mempunyai keahlian teknik pemrograman interface yang berorientasi pada hardware; mempunyai keahlian sistem informasi yang berbasis jaringan komputer local / global (internet); mempunyai keahlian merancang software berdasarkan analisa dengan teknik relational database management system; mempunyai kemampuan menganalisis dan mendesain sistem dalam terminologi informatika dan memberikan alternatif solusi berbasis pendekatan sistem; mempunyai kemampuan menerapkan metode ilmiah dalam memecahkan masalah informatika dengan keahlian pemrograman mutakhir; mempunyai kemampuan menjaga integritas diri dan mampu mengembangkan sikap profesional dalam berkarya baik sebagai individu maupun kelompok dan sebagai profesional di bidang informatika.

Kompetensi dasar Ahli Madya Manajemen Informatika adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang manajemen informatika; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang manajemen informatika, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang manajemen informatika, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Lulusan D3 Manajemen Informatika memiliki kompetensi dan keahlian sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Programmer, Desainer Sistem (System Designer), Administrator Database (Database Administrator), Web Developer, IT Tecnical Support, Supervisor Data Processing, Senior Programmer, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan D3 Manajemen Informatika
Ahli Madya Manajemen Informatika dapat bekerja dan berkarir di bidang sistem informasi korporasi, database, networking, software, multimedia, e-business di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) seperti BUMN, IT/IS consultant, perusahaan telekomunikasi, industri manufaktur, perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lainnya, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, hotel dan lain lain), perusahaan networking, internet service provider, perguruan tinggi, dsb.

Berkarir/berprofesi sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Programmer, Konsultan Pengembangan Sistem, Desainer Sistem (System Designer), Administrator Database (Database Administrator), Web Developer, IT Tecnical Support, Supervisor Data Processing, Senior Programmer, Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Pengajar, dsb.

Menjadi technopreneur dengan mendirikan jasa konsultan di bidang information and communication technology system, business & system analyst, programmer, dsb.
Mata Kuliah D3 Manajemen Informatika
* = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan

Mata KuliahSKS
Analisis dan Desain Berorientasi Objek *3
Analisis Sistem Informasi *3
Aplikasi Basis Data *3
Aplikasi Berbasis Mobile *3
Aplikasi Berbasis Web *3
Aplikasi Pemrograman .NET *3
Aplikasi Pemrograman .NET Lanjutan *3
Aplikasi Terdistribusi *3
Bahasa Indonesia2
Bahasa Inggris I2
Bahasa Inggris II2
Bahasa Inggris III *2
Bahasa Inggris IV *2
Bahasa Pemrograman I *2
Bahasa Pemrograman Ii *3
Basis Data *3
Basis Data Lanjutan *3
Dasar Akuntansi *3
Dasar Manajemen dan Bisnis *2
Database2
Database Berbasis Web3
Desain Grafis *3
E - Commerce *3
Etika Profesi2
Fisika dan Elektronika Dasar3
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar3
Implementasi Solusi Informasi Bisnis *3
Infrastruktur Informasi Bisnis *3
Internet *3
Interpersonal Skill *2
Keamanan Komputer *3
Kecakapan Antarpersonal (Perilaku Dalam Organisasi) *2
Kepemimpinan *3
Kerja Praktek3
Kewirausahaan2
Komputasi Numerik *3
Komunikasi Data *2
Konsep Sistem Informasi3
Logika dan Algoritma3
Manajemen dan Kepenyeliaan2
Manajemen Konten Web3
Manajemen Persediaan *3
Manajemen Proyek Komputer *2
Manajemen Proyek Perangkat Lunak *3
Manajemen Sains *2
Manajemen Umum *3
Matematika Bisnis *3
Matematika Dasar3
Matematika Terapan3
Metode Penelitian2
Metode Perancangan Program *3
Optimasi Pengkodean *3
Mata KuliahSKS
Paket Program Aplikasi *3
Pemrograman .NET (3
Pemrograman Basis Data I *3
Pemrograman Basis Data Ii *3
Pemrograman Berbasis Web3
Pemrograman Berorientasi Objek3
Pemrograman I3
Pemrograman II3
Pemrograman Java *3
Pemrograman Java Lanjutan *3
Pemrograman Java Web Service *3
Pemrograman Visual3
Pemrograman Visual Lanjutan *3
Pendidikan Agama2
Pendidikan Kewarganegaraan2
Pendidikan Pancasila2
Pengantar Akuntansi *2
Pengantar Basis Data2
Pengantar Digital3
Pengantar Ekonomi *3
Pengantar Jaringan Komputer *2
Pengantar Multimedia3
Pengantar Pemrograman Java *3
Pengantar Pemrograman Web *2
Pengantar Teknologi Informasi4
Pengantar Teknologi Nirkabel *3
Pengelolaan Instalasi Komputer *3
Pengembangan Aplikasi Terdistribusi *3
Pengembangan Aplikasi Web *3
Pengembangan Komponen Web *3
Pengenalan Sistem Operasi3
Pengetahuan Bisnis *2
Penjaminan Kualitas Perangkat Lunak *2
Penulisan Karya Ilmiah2
Perancangan Aplikasi Berbasis Jaringan *3
Perancangan Basis Data3
Perancangan Sistem Informasi *3
Praktek Kerja Lapangan2
Sekuriti Komputer *2
Sistem Basis Data3
Sistem Infomasi Manajemen (SIM)3
Sistem Informasi Akuntansi *3
Sistem Informasi Geografis *3
Sistem Informasi Rumah Sakit *3
Sistem Operasi *3
Statistika Komputasi3
Struktur Data3
Teknik Pemetaan *3
Teknik Riset Operasi *3
Teknologi Open Source3
Teori Himpunan dan Logika *3
Tugas Akhir (Proyek Akhir)4




STIKI Malang - Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia - Kualitas Pendidikan A+
__