__
Layanan Informasi 17 Jam
Telp Bebas Pulsa : 0800 1234 000
HP/SMS : 08523 1234 000,
0815 145 78119, 0812 9526 2009,
0878 700 30088, 0896 350 67000,
0851 0059 9452
Pin BB : 2B9D5E85,
2B444609, 29E9E651
Pilih Bahasa : ID   EN

HOME
Contact Us
Penerimaan Mahasiswa
Program Studi + Gelar
Biaya Studi
Permintaan Beasiswa
Informasi Lengkap
Pendaftaran Online
Permintaan Brosur (Gratis)
 Sistem Pendidikan
Waktu/Jadwal Kuliah
Peta & Lokasi Kampus
Angkutan ke Kampus
Keunggulan
Galeri Foto
Kurikulum (Mata Kuliah)
Prospek Lulusan
Solusi Cerdas
Meningkatkan Karir atau Mendapat Pekerjaan Baru
Undang-Undang Sisdiknas
Mendukung Kuliah Karyawan
Bagaimana Ijazahnya ?
Jadwal Shalat


Permintaan Katalog / Brosur
(GRATIS via POS)
Nama Penerima Katalog

Alamat Lengkap

Kota & Provinsi

Kode Pos

Telp/HP
Email (tidak wajib)

❖ harus diisi dengan lengkap dan jelas
Atau kirimkan Nama dan
Alamat lengkap via SMS ke HP:

0817 0816 486


DOWNLOAD GRATIS
== Brosur Kelas Karyawan ==
Jabodetabek

PDF (5,5 MB)ZIP (3,0 MB))
Image/JPG (4,4 MB)
== Brosur Kelas Karyawan ==
Diy,Jateng,Jatim & Bali

PDF (5,0 MB)ZIP (2,6 MB))
Image/JPG (5,2 MB)
== Brosur Kelas Karyawan ==
Jawa Barat

PDF (4,3 MB)ZIP (2,0 MB))
Image/JPG (2,8 MB)
== Brosur Kelas Karyawan ==
Sulawesi

PDF (2,8 MB)ZIP (2,7 MB))
Image/JPG (3,7 MB)
== Brosur Kelas Karyawan ==
Sumatera & Batam

PDF (3,8 MB)ZIP (3,7 MB))
Image/JPG (3,8 MB)

Facebook Kuliah Karyawan
Twitter Kuliah Karyawan
Google+ Kuliah Karyawan
Beritahu Teman
Nama Anda **

Email Anda **

Email Teman 1 **

Email Teman 2 (tidak wajib)

Email Teman 3 (tidak wajib)
** harus diisi dengan benar
STIKI Malang
Kampus STIKI Malang : Jl. Raya Tidar 100, Malang 65146, Jawa Timur
Penting : Kuliah di STIKI Malang merupakan Solusi Cerdas Meningkatkan Karir atau Mendapat Pekerjaan Baru (silakan klik)
 STIKI Malang Cover5   STIKI Malang Cover8   STIKI Malang Cover9   STIKI Malang Cover6   STIKI Malang Cover7 

Prospektus Program Studi /Jurusan
(Profesi, Kompetensi, dan Karir Lulusan)
STIKI Malang - Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia

Program Perkuliahan Paralel (PKSM, Kelas Sore/Malam)
Lihat juga : Program Perkuliahan Karyawan / Kelas Karyawan / P2K
Lihat juga : Sistem Seleksi MahasiswaJadwal ShalatJurusan + Gelar + Konsentrasi + Kurikulum + Prospek KarirInformasi LengkapSistem Pendidikan dan Kualitas KuliahPersyaratan Mahasiswa, Cara & Jadwal PendaftaranWaktu/Jadwal KuliahDownload BrosurKeunggulanJumlah SKS & Masa PendidikanBiaya Studi
Daftar Isi
1. Prospektus S1 Teknik Informatika
2. Prospektus Sistem Informasi
3. Prospektus S1 Desain Komunikasi Visual
4. Prospektus D3 Manajemen Informatika

1. Prospektus S1 Teknik Infomatika

Gelar Lulusan : S.T. atau S.Kom. atau Ir. (Sarjana Teknik / Sarjana Teknik Infomatika atau
Sarjana Komputer atau Insinyur)

Teknik Informatika (Teknologi informasi, komputer, internet dan telekomunikasi) merupakan bidang yang paling cepat berkembang dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor, khususnya sektor manufaktur komputer dan perusahaan jasa, software house, konsultasi IT, serta berbagai bidang yang terkait teknologi informasi.

Untuk menghadapi liberalisasi informasi dalam era globalisasi, sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang teknologi informasi yaitu bidang teknik informatika.

Semakin beragam dan rumitnya masalah yang dihadapi, membuat manusia mencari jawaban atas masalah-masalah tersebut. Teknologi komputer adalah salah satu jawabannya. Teknologi komputer memberikan harapan baru bagi manusia. Teknologi ini diciptakan untuk membantu manusia melakukan proses-proses yang sebelumnya dilakukan secara manual, dan karenanya sangat potensial terjadi kesalahan. Komputer menawarkan pemecahan yang cepat, akurat dan konsisten. Jurusan Teknik Informatika dikembangkan untuk memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi komputer tersebut untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia yang semakin beragam dan kompleks, terutama dalam bidang informasi.

Sekarang, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Bidang aplikasi komputer sangat luas. Bidang informatika ikut berperan dalam mempercepat lahir dan berkembangnya era informasi, era yang membuana. Bidang aplikasi informatika, di antaranya meliputi komunikasi data dan jaringan komputer, sistem informasi manajemen, sistem pakar, kecerdasan buatan dan robotika, dan rekayasa perangkat lunak.

Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika.

Teknik Informatika PKSM/P2K Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, perkembangan berbagai disiplin informasi ilmu, baik sains maupun teknologi yang secara spesifik mengolah fakta-fakta simbolik (data) menjadi informasi dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Teknik Informatika mendasarkan pendekatan logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam memecahkan berbagai masalah.
Tujuan S1 Teknik Informatika
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, program studi Teknik Informatika PKSM/P2K Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Di samping itu, lulusan Teknik Informatika PKSM/P2K Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia juga memiliki kemampuan merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan teknologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.

Jurusan Teknik Informatika PKSM/P2K Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia diarahkan untuk menghasilkan system analyst yang mempunyai kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah dalam dunia nyata dengan bantuan teknologi komputer. Lulusan Teknik Informatika PKSM/P2K Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia tidak hanya sekedar mampu menggunakan program-program aplikasi komputer (user) atau menyusun program aplikasi komputer (programmer), tetapi menjembatani kebutuhan-kebutuhan user yang kemudian diterjemahkan menjadi spesifikasi yang dibutuhkan programmer.

Jurusan Teknik Informatika PKSM/P2K Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional di bidang teknologi informasi. Selain itu, untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi, dimana selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak. Melalui program ini dapat dihasilkan lulusan yang memiliki keunggulan daya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan teknologi informasi yang memadai sehingga tidak gagap ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunya di masyarakat (dunia kerja).
Kompetensi Lulusan S1 Teknik Informatika
Lulusan Program Studi Teknik Informatika PKSM/P2K Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia dibekali dengan pengetahuan, etika, ketrampilan dan kemampuan merancang, mengaplikasi dan mengembangkan sistem teknologi informasi dan komunikasi pada bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Sistem Informasi Manajemen (SIM), Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Jaringan Komputer (Computer Networking), Software Engineer, Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence), Permainan & Program Sistem Tertanam (Game & Embedded System Program), Sistem Database (Data Base System), dsb.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Teknik Informatika PKSM/P2K Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang teknik informatika; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang teknik informatika, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang teknik informatika, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Lulusan Program Studi Teknik Informatika PKSM/P2K Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia memiliki kompetensi dan keahlian rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer, basis data, kecerdasan buatan dan pemrogramman game dan sistem embeded yang mampu beradaptasi terhadap perkembangan Teknologi Informasi guna memberikan model solusi sistem berbasis komputer; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Teknik Informatika
Sarjana Teknik Informatika PKSM/P2K Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Specialist in IT Security, Mobile Application Programmer dan Design, Information and Communication Technology (ICT) Consultant, Web Developer, Artificial Intelegence Applicator, ICT Project Manager, ICT Researcher, dsb.

Berkarir/bekerja pada bidang Sistem Informasi Korporasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Jaringan, Sistem Multimedia, Database, Networking, Software, Multimedia, E-Business di Konsultan IT/IS, Perusahaan Telekomunikasi, Industri Manufaktur, Bank, Asuransi dan lembaga keuangan lainnya, Perusahaan Networking, Internet Service Provider, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, dsb), Instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi, dsb.

Berkarir/berprofesi sebagai Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Artificial Intelligent, Computer Networking, System Support, System Design, Database Administrator, Web Developer & Designer, Game & Embedded System Program, Programmer Analyst, Software Engineer, Tenaga Pengajar/Dosen, dsb.

Menjadi Technoprenuer dengan mendirikan jasa konsultan Information Communication Technology System, Business & system analysis, Software Engineer, Game Developer, Progammer, dsb.

2. Prospektus S1 Sistem Informasi

Gelar Lulusan : S.S.I. atau S.Kom. atau S.T. atau S.Si. atau Ir.(Sarjana Sistem Informasi / Sarjana Komputer / Sarjana Teknik / Sarjana Sains / Insinyur)

Sistem Informasi bersama-sama dengan teknik informatika, merupakan bidang yang paling cepat berkembang sehingga terjadi pergeseran pada dunia usaha, dunia industri, dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor bidang Sistem Informasi meliputi pengembangan sistem informasi, metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database), manajemen sistem informasi dan rekayasa sistem informasi.

Program studi Sistem Informasi menerapkan, mengkaji, dan mengembangkan ilmu yang melandasi rekayasa sistem informasi. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, teknik dan alat bantu yang dibutuhkan dalam rekayasa sistem informasi yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan.

Sistem Informasi sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, terutama dalam menghadapi liberalisasi ekonomi dalam era globalisasi yang tidak terlepas dari dunia infomrasi; sehingga perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang sistem informasi.
Kompetensi Lulusan S1 Sistem Informasi
Lulusan Program Studi Sistem Informasi dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk membuat program sesuai dengan proses bisnis, merancang dan membangun sistem basis data, melakukan pemrograman berbasis Web, berbasis bahasa pemrograman terkini dan tercanggih, rekayasa perangkat lunak, sistem multimedia, merancang dan membangun sistem berbasis objek; mengidentifikasikan kebutuhan jaringan pada suatu organisasi, merancang dan membangun sistem informasi korporasi (enterprise information system), mengelola proyek teknologi informasi dan komunikasi, melakukan audit sistem informasi, e-business, menjadi trouble shooter komputer, dsb.

Lulusan Program Studi Sistem Informasi memiliki kompetensi dan keahlian sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), dsb.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Sistem Informasi adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang sistem informasi; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di sistem informasi, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang sistem informasi, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Lulusan Program Studi Sistem Informasi memiliki kompetensi dan keahlian yang mampu memberikan solusi terintegrasi di bidang E-Business, Corporate Information System, Information Management, Komputerisasi Akuntansi; juga mampu menjadi wirausahawan handal berbasis teknologi informasi; menjadi manusia berkualitas yang memiliki intelektualitas tinggi, kreatif, inovatif serta peka terhadap fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat; dapat memberikan solusi terhadap permasalahan sistem informasi yang ada di masyarakat, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Sistem Informasi
Sarjana Sistem Informasi dapat bekerja dan berkarir di bidang sistem informasi korporasi, database, networking, software, multimedia, e-business di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) seperti BUMN, IT/IS consultant, perusahaan telekomunikasi, industri manufaktur, perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lainnya, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, hotel dan lain lain), perusahaan networking, internet service provider, perguruan tinggi, dsb.

Berkarir/berprofesi sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Desainer Sistem (System Designer), Konsultan Pengembangan Sistem, Administrator Database (Database Administrator), Administrator Jaringan (Network Administrator), Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Tenaga Ahli/Pengajar/Dosen, dsb.

Menjadi technopreneur dengan mendirikan jasa konsultan di bidang information and communication technology system, business & system analysis, programmer, dsb.

3. Prospektus S1 Desain Komunikasi Visual

Gelar Lulusan : SDs. atau SSn. atau SSi.(Sarjana Desain atau Sarjana Seni atau Sarjana Sains)

Desain Komunikasi Visual adalah ilmu desain yang berkonsentrasi pada pengolahan bahasa visual sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan pesan, informasi dan pencitraan, dengan tujuan sosial ataupun komersial melalui media grafik, elektronik, interaktif, maupun multimedia.

Dalam era globalisasi sangat dibutuhkan kemampuan kompetisi global yang berakar pada kreativitas, inovasi, networking dan teknologi. Hal ini sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang desain, terutama bidang Desain Komunikasi Visual dan Desain Produk Industri.

Saat ini dunia kerja sangat kekurangan tenaga ahli di kedua bidang tersebut, sehingga lulusan kedua bidang tersebut umumnya langsung terserap di dunia kerja.
Kompetensi Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual
Lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual dibekali dengan pengetahuan, etika, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan seperti berikut ini.
  • Memiliki kemampuan dan ketrampilan desain di media grafis, media interaktif, media audio visual dan media komunikasi visual.
  • Memiliki keunggulan wawasan dan keterampilan (skill) dalam kajian desain komunikasi visual yang berorientasi pada interaksi antara manusia dengan objek dalam konteks urban serta kaitannya dengan aspek teknologi, lingkungan, sosial, dan budaya yang melingkupinya.
  • Memiliki karakter dan kompetensi sebagai praktisi bidang industri kreatif yang berdampak positif sebagai agen perubahan sosial, budaya, dan lingkungan dalam masyarakat.
  • Memiliki kemampuan untuk mengolah, mengembangkan, dan mengkomunikasikan konsep kreatif yang akan digunakan dalam pengembangan karya desain komunikasi visual.
  • Memiliki kemampuan menyiapkan karya desain akhir (final artwork) untuk diproduksi.
  • Memiliki kemampuan melakukan prosedur formal yang berhubungan dengan sistem untuk mendokumentasikan proyek desain komunikasi visual pada industri kreatif.
  • Memiliki keunggulan dalam menghasilkan pengetahuan berbasis penelitian dan pengembangan (research and development) dalam bidang desain komunikasi visual, baik berupa karya ilmiah, rancangan karya, maupun program terapan yang memiliki kemanfaatan luas.
  • Memiliki kemampuan bekerja dalam konteks sebuah organisasi desain.
  • Memiliki kemampuan melindungi proses kerja dan hasil kerja desain dari penggunaan yang tidak berhak.
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat media audio visual
  • Memiliki kemampuan mempersiapkan media audio visual untuk platform (video, TV dan lain sebagainya) yang berbeda pada industri desain kreatif.
  • Memiliki kemampuan membuat pencitraan yang berkualitas untuk materi audio visual.
  • Memiliki kemampuan menggabungkan audio dan video ke dalam sajian multimedia dalam produksi pada industri desain komunikasi visual.
  • Memiliki kemampuan untuk mengedepankan obyektivitas dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan (kepemimpinan basis ilmiah), memahami pentingnya waktu (disiplin), dan pentingnya peranan orang lain (kerjasama).
  • Memiliki kemampuan menjadi wirausahawan mandiri pencipta lapangan kerja maupun sebagai pekerja bidang industri kreatif yang mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia.

Kompetensi umum/dasar Sarjana Desain Komunikasi Visual adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang desain komunikasi visual; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang desain komunikasi visual, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang desain komunikasi visual, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual
Sarjana Desain Komunikasi Visual dapat bekerja dan berkarir di Advertising Agency, Graphic House/Studio, Television atau Broadcasting, Photography and Video Production, Publisher, Brand Consultancy, Web Design atau Multimedia Design, Production House, Institusi Pendidikan, Animator, 3D Artist, VFX Artist, Game Design, dan di berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah dan swasta (nasional dan multinasional / luar negeri) :
  • Sebagai Desainer bidang Desain Film dan TV, Desain Printing, Desain Pameran, Desain Multimedia dan Desain Ilustrasi yang handal dan matang dalam konsep serta desain yang up to date.
  • Sebagai Art Director, yang membuat keputusan elemen visual, gaya artistik dan gerak yang digunakan.
  • Sebagai Creative Director, yang bertanggung jawab terhadap desain, visi dan arah pengembangan produk.
  • Sebagai Graphic Designer, yaitu tenaga ahli profesional dalam industri desain grafis dan seni grafis, yang menggabungkan bersama semua gambar, tipografi dan grafis gerak dalam rangka menciptakan sebuah desain.
  • Sebagai Multimedia Designer, yang membuat kombinasi berbagai bentuk konten teks, audio, gambar diam, animasi, video dan interaktivitasnya.
  • Sebagai Commercial Artist, yang mengelola informasi dan pengetahuan terhadap seni murni, visualisasi dan media.
  • Sebagai Akademisi (Dosen, Pembimbing/Pelatih) di Institusi Pendidikan (Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, sekolah, balai pelatihan, dsb).
  • Sebagai Peneliti di berbagai lembaga penelitian mandiri maupun lembaga penelitian dalam perusahaan/industri.
  • Dsb.

Sarjana Desain Komunikasi Visual juga dapat menjadi entreprenuer atau wirausahawan mandiri pencipta lapangan kerja yang mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia, misalkan dengan mendirikan Visual Communication Design Consultant, Designer Film dan TV, Printing, Exhibition, Multimedia, Illustrator, dsb.

4. Prospektus D3 Manajemen Informatika

Gelar Lulusan : AMd. atau AMd.T. atau AMd.Kom. atau AMd.Si. (Ahli Madya (saja) / Ahli Madya Teknik / Ahli Madya Komputer / Ahli Madya Sains)

Manajemen Informatika bersama-sama dengan teknik informatika, sistem informasi, komputer akuntansi, dan teknik komputer, merupakan bidang yang paling cepat berkembang sehingga terjadi pergeseran pada dunia usaha, dunia industri, dan ekspansinya menimbulkan kesempatan lapangan kerja yang luas dalam berbagai sektor bidang Manajemen Informatika meliputi pengembangan SIM (Sistem Informasi Manajemen), SIA (Sisten Informasi Akuntansi), analisis dan desain sistem, sistem informasi untuk bisnis, metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database), dan rekayasa sistem informasi.

Program studi Manajemen Informatika menerapkan, mengkaji, dan mengembangkan ilmu yang melandasi rekayasa sistem informasi manajemen secara menyeluruh. Arah kajian keilmuan dari program studi ini mencakup disiplin, proses, teknik dan alat bantu yang dibutuhkan dalam rekayasa sistem informasi yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, implementasi dan pemeliharaan.

Manajemen Informatika sangat diperlukan di berbagai bidang dunia kerja, terutama dalam menghadapi liberalisasi ekonomi dalam era globalisasi yang tidak terlepas dari dunia informasi; sehingga perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam setiap aspek, khususnya bidang manajemen informatika.
Keunggulan Program D3 Secara Umum
Program Diploma Tiga (D3) dan Strata Satu (S1) memiliki keunggulan masing-masing, keduanya sangat dibutuhkan di dunia kerja. Secara umum lulusan Program Diploma Tiga (D3) memiliki sebutan/gelar "Ahli Madya" disingkat A.Md., sedangkan lulusan Program Strata Satu (S1) memiliki gelar "Sarjana".

Keunggulan Program D3 adalah :
  • Masa studinya 6 semester (3 tahun), sehingga lebih cepat lulus dibanding S1, dan tentu saja total biaya studinya lebih ringan dibanding S1, sehingga bagi masyarakat yang ingin cepat terjun di dunia kerja, disarankan untuk mengambil program D3.
  • Materi kuliahnya lebih aplikatif (praktek) sehingga cenderung lebih "siap pakai" dibandingkan S1, namun hal ini tetap bergantung dari individu masing-masing.
  • Kebutuhan tenaga kerja terhadap lulusan D3 lebih banyak dibandingkan S1, karena lulusan D3 akan mengisi level menengah pada piramida struktur organisasi dan manajemen perusahaan.
  • Dsb.
Kompetensi Lulusan D3 Manajemen Informatika
Lulusan Program Studi D3 Manajemen Informatika dibekali dengan pengetahuan, etika, ketrampilan dan kemampuan untuk memimpin suatu proyek pembangunan dan pengembangan sistem informasi dari berbagai fungsi manajemen yang merupakan kebutuhan saat ini dan saat mendatang; memiliki kemampuan merancang aplikasi komputer dengan menterjemahkan kebutuhan pemakai ke dalam orientasi komputer; memiliki kemampuan menulis program aplikasi komputer dalam beberapa bahasa pemrogramam; menguasai berbagai perangakat lunak aplikasi yang sesuai dengan perkembangan teknologi informatika terkini, serta menjembatani antara pemakai akhir dari jasa komputer dengan lingkungan dalam komputer.

Lulusan Program Studi D3 Manajemen Informatika mempunyai keahlian sistem komputer baik software maupun hardware; mempunyai keahlian merawat perangkat lunak dan perangkat keras; mempunyai keahlian teknik pemrograman interface yang berorientasi pada hardware; mempunyai keahlian sistem informasi yang berbasis jaringan komputer local / global (internet); mempunyai keahlian merancang software berdasarkan analisa dengan teknik relational database management system; mempunyai kemampuan menganalisis dan mendesain sistem dalam terminologi informatika dan memberikan alternatif solusi berbasis pendekatan sistem; mempunyai kemampuan menerapkan metode ilmiah dalam memecahkan masalah informatika dengan keahlian pemrograman mutakhir; mempunyai kemampuan menjaga integritas diri dan mampu mengembangkan sikap profesional dalam berkarya baik sebagai individu maupun kelompok dan sebagai profesional di bidang informatika.

Kompetensi dasar Ahli Madya Manajemen Informatika adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang manajemen informatika; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang manajemen informatika, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang manajemen informatika, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.

Lulusan D3 Manajemen Informatika memiliki kompetensi dan keahlian sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Programmer, Desainer Sistem (System Designer), Administrator Database (Database Administrator), Web Developer, IT Tecnical Support, Supervisor Data Processing, Senior Programmer, dsb.
Profesi dan Karir Lulusan D3 Manajemen Informatika
Ahli Madya Manajemen Informatika dapat bekerja dan berkarir di bidang sistem informasi korporasi, database, networking, software, multimedia, e-business di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) seperti BUMN, IT/IS consultant, perusahaan telekomunikasi, industri manufaktur, perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lainnya, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, hotel dan lain lain), perusahaan networking, internet service provider, perguruan tinggi, dsb.

Berkarir/berprofesi sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Programmer, Konsultan Pengembangan Sistem, Desainer Sistem (System Designer), Administrator Database (Database Administrator), Web Developer, IT Tecnical Support, Supervisor Data Processing, Senior Programmer, Manajer Departemen Sistem Informasi, Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi, Pengajar, dsb.

Menjadi technopreneur dengan mendirikan jasa konsultan di bidang information and communication technology system, business & system analyst, programmer, dsb.



STIKI Malang - Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia - Kualitas Pendidikan A+
__